Selasa, 03 November 2015

BERIKUT INI CONTOH PEMBUATAN MAKALAH





BERIKUT INI CONTOH PEMBUATAN MAKALAH




BAHASA `ALAY` MENGGERUS BAHASA PERSATUAN
MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS UJIAN TENGAH SEMESTER
BAHASA INDONESIA
Yang dibina oleh :
 Bapak Muh. Fatoni Rohman, M.Pd.


Oleh :
M. MAS’UD CHABIBUROCHMAN
 (155050100111056)





 


UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
FAKULTAS PETERNAKAN
OKTOBER 2015






BAB I
PENDAHULUAN
1.1        Latar Belakang
Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional dan seharusnya kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu menggunakan bahasa Indonesia harus dengan baik dan benar,  bukan dicampuradukkan dengan bahasa daerah, bahasa asing dan bahasa “Alay“. Dalam hal ini media sangat berpengaruh kepada masyarakat dalam berbahasa. Tetapi pada kenyataannya, media justru menampilkan atau menulis berita yang cenderung menggunakan bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa Alay, bahkan bahasa asing. Remaja-remaja saat ini cenderung lebih arogan dibandingkan dengan zaman dulu. Teknologi dan pengetahuan kini sudah semakin maju, begitu pula dengan cara berpikir anak-anak muda zaman sekarang. Bahasa Alay memang penuh rahasia. Hanya mereka yang dapat mengomunikasikannya secara aktif. Terbukti dengan banyaknya hasil karya para remaja yang cenderung lebih banyak menggunakan bahasa ‘Alay’ daripada bahasa Indonesia baku seperti dalam membuat novel, puisi, cerpen, dan sebagainya.
Dewasa ini pemakaian bahasa Indonesia semakin hari semakin kacau, dan belum ada lembaga pemerintahan dan masyarakat yang memberikan perhatian terhadap masalah ini. Apabila penggunaan bahasa Indonesia kian hari terus tergeser oleh bahasa asing atau bahasa daerah, maka posisi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional akan terlupakan oleh masyarakat Indonesia.
1.2       Rumusan Masalah
1. Bagaimana Eksistensi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Alay Saat Ini?
2. Bagaimana Pengaruh Bahasa `Alay` Terhadap Penggerus Bahasa Persatuan?
3. Bagaimana Cara Mengatasi Perkembangan Bahasa Alay?

1.3       Tujuan
1.      Menjelaskan Eksistensi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Alay Saat Ini.
2.      Menjelaskan Bahasa `Alay` Terhadap Penggerus Bahasa Persatuan.
3.      Menjelaskan Cara Mengatasi Perkembangan Bahasa Alay.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Eksistensi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Alay Saat Ini
Bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat yang tidak selamanya perkembangan tersebut menuju ke arah yang positif, melainkan perkembangan itu juga bisa mengarah pada hal yang negatif pula. Beranekaragam bahasa setiap hari muncul di kalangan pemakai bahasa. Termasuk bahasa alay yang sering di  pakai dalam bahasa SMS (Short Message Service) dan di dunia maya yang berkaitan dengan FB (Face Book) atau FS (Friendster) maupun Chatting.

Contoh Penulisan Bahasa Alay





A. Penulisan Bahasa Alay Pada Novel
Rounded Rectangle: ”Ibu mau apa, sih, ke sini sekarang? Udah ngga’ ada gunanya, Bu! Lebih baik Ibu pergi aja, deh dari sini. God, this is like a nightmare for me, l right know,” Jani menghela nafas dalam, masih dalam ketidakpercayaan.
”Jani… komment pourriez-vous dire cela a moi?” wanita itu berusaha memegang tangan Jani, namun Jani mengelak.
”Tega? Ibu bilang tega? Bu, dengar ya … Jangan ngebahas masalah tega deh sama saya. Saya udah ngga’ kenal kata itu lagi, thanks to you.” Tanpa ia sadari air matanya telah bercucuran keras. Sepertinya semua luka batin Jani yang selama ini ia pendam dan tutup-tutupi, perlahan terbuka kembali.
“Anjani!” teriak ibu yang juga mulai menitikkan air matanya....
 










B.   Penulisan Bahasa Alay pada Puisi






Rounded Rectangle: Cinta Tercanggih


Seandainya hatimu adalah sebuah system …
Maka aku akan scan kamu untuk mengetahui port mana yang terbuka …
Sehingga tidak ada keraguan saat aku c:\> nc -l -o -v -e ke hatimu …
Tapi … aku hanya berani ping di belakang anonymous proxy …
Inikah rasanya jatuh cinta sehingga membuatku seperti pecundang …
Atau aku memang pecundang sejati

Seandainya hatimu adalah sebuah system …
Ingin rasanya aku manfaatkan vulnerabilitiesmu …
Kan kupakai PHP injection dan aku ls -la; find / -perm 777 -type d …
Sehingga aku tau kalau di hatimu ada folder yang bisa kutulisi …
Atau … adakah free space buatku … ?
Apa aku harus pasang backdoor “Remote Connect-Back Shell” …
Jadi aku tinggal nunggu koneksi dari kamu saja, biar aku tidak merana seperti ini

Suatu saat nanti, aku akan datang n mengatakan kalau …
Di hatiku sudah terinfeksi virus yang menghanyutkan …
Ga ada anti virus yang dapat menangkalnya selain …. kamu

Rounded Rectangle: Kamu

kamu itu A_B_C_D
A_asyik
B_baik
C_ceria
D_d’bezt
Qmu jga E_F_G_H
E_energick
F_funky
G_gaul
H_humoris
Tpi Qmu I_J_K_L
I_idih
J_jangan
K_kegeeran
L_loch?
he…he…3x

 
Kamu

kamu itu A_B_C_D
A_asyik
B_baik
C_ceria
D_d’bezt
Qmu jga E_F_G_H
E_energick
F_funky
G_gaul
H_humoris
Tpi Qmu I_J_K_L
I_idih
J_jangan
K_kegeeran
L_loch?
he…he…3x


      

C.  Penulisan Bahasa Alay pada Cerpen


Rounded Rectangle: " ...Mas Donny yang cucok, terus terang nih, akika jatuh cintrong sama yei. Kalau yei tintra membalas cinta akika, kika mawar bunuh diri di bawah pohon terate deh rasanya. Jadi, yei jangan tolak cinta kika, karena setiap malam mimpi akika cuma berisi yei punya body. Rasanya akika tintra bisa hidup tanpa yei, akika jadi tintra endang makasar, tintra bisa tidur nyenyak, tintra bisa melakukan apa-apa. Wajah Mas Donny selalu terbayang-bayang di mata ike, ke mana pun ike pergi. Suer!..."
 





Penggalan novel, puisi, dan cerpen di atas adalah salah satu dari contoh novel anak remaja yang bahasanya menggunakan bahasa Alay. Jika kita sama sekali tidak mengerti tentang bahasa ini, kita tidak akan mengerti maksud yang disampaikan penulis cerpen tersebut. Saat ini penggunaan bahasa Alay dalam cerpen sudah marak di berbagai koran, majalah, atau media cetak lainnya. Ini semakin menenggelamkan bahasa baku Indonesia.

Penggunaan bahasa alay sering identik dengan anak gaul, maka tidak salah apabila bahasa alay juga sering diesbut dengan bahasa gaul. Bahasa ini berkembang pesat dikalang terbatas, dan apabila diperhatikan bahasa ini menjadi sangat rumit apabila kita tidak mengerti apa maksudnya. Bahasa alay merupakan bahasa atau tulisan yang menggabungkan antara tulisan atau huruf besar dan kecil, serta dikombinasikan dengan angka-angka yang menjadikan kata atau kalimat semakin sulit untuk dimengerti dan dipahami, tetapi dikomunitas anak pemakai bahasa alay bahasa atau tulisan ini akan sangat mudah mereka pahami. Keberagaman bahasa juga menjadi masalah bagi orsinilitas bahasa yang kian mengkhawatirkan dan penggunaan tata bahasa yang kian serampangan baik tulisan maupun lisan

2.2 Pengaruh Bahasa `Alay` Terhadap Penggerus Bahasa Persatuan
Di era globalisasi ini Budaya modern Indonesia sudah banyak mengalami perubahan terutama dalam berbahasa seperti halnya dalam budaya berbahasa alay. Fenomena budaya berbahasa alay sudah semakin berkembang di kalangan remaja saat ini. Penggunaan bahasa Alay ini membuat remaja makin sulit mengetahui bahasa Indonesia yang baik yang benar. Bahkan penggunaan bahasa yang terlalu sering mebuat orang-orang tak sadar bahwa bahasa tersebut bukan bahasa yang baik dan benar. Hal tersebut terjadi karena adanya budaya asing dan berbagai variasi tren yang mereka anggap sebagai kreativitas. Karena kurangnya informasi dari media atau kesalahpahaman dalam menangkap informasi tersebut, pada akhirnya mereka menciptakan sebuah tren yang sedikit menyimpang. Sehingga penggunaan bahasa alay tersebut dapat mempengaruhi maupun menggerus bahasa persatuan yang menjadi patokan penggunaan bahasa yang baik dan benar. Hal tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan dan berdampak buruk bagi keutuhan bahasa persatuan. Di samping itu dapat menurunkan nilai, citra, dan martabat bangsa Indonesia di mata negara lain.

2.3 Cara Mengatasi Perkembangan Bahasa Alay
Tidak dapat dipungkiri lagi, dalam bermasyarakat, bersosialisasi lebih sering menggunakan bahasa Alay. Anak-anak dan para remaja dalam perkembangan psikologis pun tidak bisa ditolak atau dicegah untuk tidak terbiasa dengan bahasa Alay, karena itu memang suatu proses dalam psikologisnya. Dengan kata lain penggunaan bahasa Alay tidak bisa kita hilangkan atau cegah perkembangannya.
Tindakan yang dapat kita lakukan dalam mengatasi perkembangan bahasa yaitu :
1. Memberi pengertian yang lebih mendalam akan pentingnya berbahasa yang baik dan benar,
2. Menanamkan sikap cinta bahasa sendiri pada anak-anak atau remaja dengan berbagai cara, seperti mengadakan lomba puisi ,lomba karya tulis ilmiah dan lain-lain,
3. Inisiatif dan kemauan yang kuat dari dalam diri sendiri.





BAB III
PENUTUP

3.1 Simpulan
Keberadaan bahasa Alay memang sangat mengganggu eksistensi bahasa Indonesia, yang mungkin dapat menggerus bahasa persatuan Indonesia yang diciptakan melalui proses yang sangat rumit. Namun disisi lain kita tidak bisa mencegahnya apalagi dikalangan anak-anak dan remaja karena perkembangan psikologis keduanya menuntut mereka agar diakui di masyarakat dan salah satunya dengan mengikuti tren bahasa Alay itu sendiri. Oleh karena itu perkembangan bahasa Alay tidak dapat dicegah tetapi dapat diminimalisir jika kita kembali meningkatkan eksistensi bahasa Indonesia itu sendiri yang menjadi cerminan maupun identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang erat kaitannya dengan bahasa persatuan dan kesatuan Indonesia.

3.2 Saran
Dari simpulan diatas , penulis merumuskan saran sebagai berikut :
1.      Hendaknya lebih diadakan pemahaman yang lebih kepada anak-anak dan remaja.
2.      Mualilah dari diri sendiri untuk membudidayakan bahasa Indonesia, dan meningkatkan kembali eksistensinya.
3.      Penggunaan bahasa Alay merupakan suatu hal yang sah-sah saja ,karena merupakan bentuk kreatifitas yang mereka buatuntuk mengikuti perkembangan tren. Namun sebaiknya penggunaan bahasa alay dapat digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi atau tidak digunakan pada situasi-situasi yang formal
4.      Gunakan bahasa apapun itu dengan sebijak mungkin ,jangan sampai menghilangkan budaya berbahasa Indonesia kita. Karena biar bagaimanapun bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa persatuan kita dan wajib untuk dijaga serta dilestarikan.





DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus,dkk. (2010). Kemampuan Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.           Bandung: CV. Maulana Media Grafika.
Ferril Irham Muzaki. (2012). Tentang Puisi alay. From http://berkarya.um.ac.id/2012/05/tentang-puisi-alay/ Tentang Puisi Alay.html (25 agustus 2015)
Hariwijaya ,Hilman. (2000).Bunga untuk Poppi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Candra Arum. (2012). Meng-alay dalam Dunia Maya: Disorder Bahasa dalam
Cyberspace.4(2):94-102

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


My Widget
M.MASUD HABIBURRAHMAN